Kamis, 22 November 2012

“Dua Sisi Teknologi Komunikasi”


Seiring dengan perkembangan teknologi, kehidupan masyarakat pun ikut mengalami beberapa perubahan. Masyarakat kini tengah dihadapkan pada situasi di mana mereka harus siap dengan adanya perubahan dalam bidang teknologi komunikasi. Dahulu sebelum ada internet, komunikasi hanya terbatas pada komunikasi tatap muka, telepon, dan surat menyurat, kini bahkan dengan teknologi yang ada komunikasi tatap muka bisa terjalin dengan menggunakan internet. Namun di balik semua gemerlap dan gegap gempita perkembangan teknologi komunikasi, bagaimana sebenarnya teknologi tersebut memberikan terpaan langsung pada masyarakat?
Aspek sosial yang paling gencar terkena terpaan dari perkembangan teknologi ini adalah mengenai gaya hidup masyarakat. Masyarakat perkotaan kini memandang bahwa mengikuti perkembangan teknologi harus dilakukan agar gaya hidup mereka tetap terjaga dan selalu mengikuti trend. Ya, teknologi kini menjadi trend, siapa yang tidak mampu mengikuti arus perkembangan tersebut, maka sama saja dengan ia ketinggalan trend yang kini tengah menjadi sorotan. Oleh sebab itu, masyarakat perkotaan berlomba-lomba untuk selalu dapat menjadi yang pertama mengikuti perkembangan teknologi tersebut. Berbanding terbalik dengan masyarakat pedesaan yang masih sangat sedikit mengenal apa itu teknologi, mereka masih dalam tahap gegar budaya terhadap budaya baru dalam berkomunikasi, hal ini jelas menjadi suatu kesenjangan yang ironis.
Ada beberapa hal yang menjadi dampak yang kurang baik dari pesatnya perkembangan teknologi bagi masyarakat. Bagi orang yang sudah menggemari dan paham seluk beluk dari teknologi komunikasi, mereka akan senang untuk terus mengulik bagaimana suatu teknologi dapat berfungsi. Disebabkan oleh kesenangan dan kegemaran tersebut, teknologi sangat potensial menimbulkan kecanduan pada pemakainya. Hal ini tentu berdampak kurang baik, karena jika terus menerus menggunakan teknologi setiap saat maka dapat membuat pengguna teknologi mengesampingkan aktivitas lagi lalu menjadi adiktif serta tidak akan bisa beranjak dari teknologi tersebut. Hal ini juga dapat menyebabkan aktivitas sosial yang lebih utama justru dikesampingkan. Terkadang kecanduan terhadap suatu teknologi dapat membuat seseorang lupa waktu dan segala aktivitas yang harusnya dikerjakan jadi terbengkalai. Saat ini pun kadang ketika sedang bersosialisasi dengan kerabat, teknologi pun mampu mengganggu, orang-orang saat ini sulit lepas dari gadget-nya padahal sedang ada pertemuan dengan orang lain.
Teknologi memang kadang membuat orang sering melupakan aktivitas yang utama dikerjakannya. Seperti ada sebuah kasus yang menceritakan bahwa seorang ibu di Medan karena terlalu asyik bermain dengan Blackberry-nya menjadi lupa mengawasi bayinya. Bayi tersebut jatuh tersungkur dari tempat tidurnya dan kepala belakangnya membentur lantai. Ibu tersebut baru mengecek ke kamar ketika sang anak telah meninggal selama satu jam. Kelalaian sang ibu ini mengajarkan kepada kita bahwa aktivitas menggunakan teknologi tidak boleh mengganggu aktivitas kita melupakan aktivitas kita yang utama, hal ini bisa berakibat buruk nantinya seperti apa yang dialami ibu tadi. Masih banyak kasus-kasus serupa, hal ini menunjukkan bahwa kecanduan akan teknologi dapat menyebabkan hal-hal buruk yang tidak kita inginkan.
Namun, selain dampak-dampak negatif tadi, kita jangan menutup mata terhadap dampak-dampak positif dari adanya perkembangan teknologi komunikasi. Teknologi komunikasi yang kini telah dikembangkan telah mempermudah manusia  dalam melakukan berbagai aktivitas. Awalnya untuk proses komunikasi jarak jauh perlu waktu yang lama dan biaya yang besar untuk dapat saling bertukar pesan, kini dengan adanya electronic mail, media sosial, dan webcam, komunikasi jarak jauh pun menjadi lebih murah, cepat, dan mudah. Selain itu dengan adanya media sosial sebagai salah satu bentuk nyata perkembangan teknologi komunikasi, kini kita dapat memperoleh lebih banyak link pertemanan dan dapat terhubung kepada orang-orang yang memiliki minat yang sama dengan kita sehingga kita dapat dengan mudah mencari orang-orang yang bisa kita ajak kerjasama dan lain sebagainya.
Saat ini toko-toko online sudah mulai menjamur. Hal ini adalah salah satu bentuk pemanfaatan teknologi yang bijak. Para pebisnis ini mampu melihat adanya peluang dari perkembangan teknologi yang kini tengah menanjak. Salah satu bisnis online yang cukup sukses adalah bisnis sepatu UP dari Diana Rikasari. Bisnis ini adalah bisnis sepatu made by order, untuk proses pembelian dan transaksi pun semua dilakukan secara online lewat website www.iwearup.com, jika ada pertanyaan pun bisa diajukan melalui email dan Twitter saja, jadi semua dilakukan secara online, namun walau begitu bisnis ini sangat terpercaya dan mampu menjadi favorit para wanita penggemar sepatu. Diana Rikasari sebelum memulai bisnis ini adalah seorang fashion blogger aktif yang blog-nya sempat menjadi blog yang paling sering dikunjungi. Di sinilah terlihat bagaimana seorang Diana Rikasari sejak awal mampu memanfaatkan perkembangan teknologi komunikasi secara bijak dan cerdas, sehingga dia mampu menghasilkan uang dari pemanfaatan teknologi komunikasi seperti saat ini. Diana Rikasari pun aktif dalam komunitas pecinta fashion di dunia maya maupun dunia nyata. Jadi selain bisa memanfaatkan teknologi komunikasi untuk mencari uang, ia juga mampu menambah jaringan pertemanannya melalui teknologi komunikasi yang tengah berkembang. 
 Teknologi memang seperti dua sisi mata uang, ada sisi baik namun ada sisi di mana kita harus berhati-hati dalam penggunaannya. Seandainya kita dapat memanfaatkannya dengan bijak dan benar kita akan mampu memperoleh manfaat yang besar untuk kehidupan kita, namun jika tidak maka perlu diwaspadai bahaya yang mungkin timbul dari teknologi tersebut. Namun kita harus tetap bersikap terbuka terhadap perkembangan teknologi yang ada, jangan sampai kita menutup diri, karena jika kita menutup diri, kita sendiri yang akan rugi dengan tidak berkembangnya diri kita terhadap hal-hal baru. Hal yang perlu diperhatikan adalah kita harus selalu waspada akan dampak negatif dari perkembangan teknologi komunikasi, ambillah manfaatnya yang bisa berguna bagi diri kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar