Kamis, 22 November 2012

“PR Modern=PR Melek Teknologi”


           Public Relations merupakan suatu profesi yang diwajibkan untuk selalu menjaga hubungan baik dengan publik-publiknya. Publik dari setiap organisasi atau instansi tentu berragam dan berasal dari latar belakang yang berbeda-beda pula. Public relations harus mampu mengkomunikasikan setiap pesan dari organisasi atau instansi tersebut secara efektif dan merata menjangkau seluruh publiknya. Selain  itu, Public Relations juga harus mampu menghimpun opini serta pesan-pesan yang ingin disampaikan oleh publiknya kepada organisasi atau instansi. Hal ini dilakukan agar PR dapat terus memantau bagaimana citra suatu organisasi atau instansi terbentuk di mata publiknya, serta PR juga dapat memahami bagaimana keinginan dan harapan publiknya terhadap perusahaan. Oleh karena itu Public Relations harus mampu menemukan media yang dapat menunjang profesinya tersebut.
            Saat ini masyarakat modern telah terbentuk menjadi masyarakat informasi yang menuntut segala bentuk keterbukaan informasi. Hal ini mendorong teknologi komunikasi untuk terus berkembang dan menjawab kebutuhan akan penyebaran informasi tersebut. Di sinilah Public Relations harus peka terhadap perkembangan ini. Kebutuhan utama seorang PR dalam menjalankan perannya adalah penyebaran informasi yang terbuka, merata, efektif, dan efisien kepada publiknya. Maka teknologi komunikasi yang semakin canggih dapat membantu PR dalam melakukan tugasnya tersebut. Seandainya seorang PR mampu memanfaatkan teknologi yang tengah berkembang, maka perkembangan teknologi ini dapat menjadi “secret weapon” dari seorang PR untuk menaklukan publiknya, namun jika PR tidak dapat mengoptimalkan manfaat dari perkembangan teknologi yang ada, maka bersiaplah PR tersebut menjadi PR konvensional yang akan tertinggal jauh dan sulit untuk menjangkau publiknya yang luas.
            Public Relations pun dituntut untuk dapat mengimbangi arus perkembangan teknologi komunikasi. PR harus mampu mengimplementasikan teknologi komunikasi yang baru, yang mampu membantu PR dalam menjalankan tugas dan perannya. Seorang PR di era modern harus mampu mengimplementasikan teknologi komunikasi yang tengah berkembang ke dalam profesinya. Saat ini internet telah menjadi penemuan paling jenius yang mampu memberikan manfaat untuk banyak orang, banyak akses yang bisa PR manfaatkan dari teknologi internet itu. Misalnya saja dengan membuat website yang komunikatif untuk pengomunikasian pesan kepada publik-publiknya. Banyak hal yang bisa dibedah dari teknologi yang tengah berkembang untuk dijadikan media komunikasi yang efektif bagi seorang PR, di situlah PR harus jeli dan peka bagaimana memanfaatkannya.
            Kini kita mungkin mulai akrab dengan istilah Cyber PR atau E-PR. Sebagian orang mungkin akan mengartikan istilah ini sebagai kegiatan PR yang berbasis pada internet. Pengertian ini tidaklah salah. Namun jika dikembangkan lagi, Cyber PR dapat diartikan sebagai kegiatan kehumasan (PR) yang dilakukan dengan sarana media elektronik internet atau cyber dalam membangun merek (brand) dan memelihara kepercayaan (trust), pemahaman, citra perusahaan atau organisasi kepada publik atau khalayak dan dapat dilakukan secara one to one communication dan bersifat interaktif.
            Dari definisi di atas, kita melihat bahwa aktivitas PR kini harus berkaitan dengan internet jika ingin menyesuaikan dengan perkembangan zaman yang serba digital saat ini. Cyber PR adalah sebuah inovasi baru untuk media PR yang tentunya dapat dimanfaatkan untuk mempermudah dan mengembangkan kinerja PR saat ini. Sampai saat ini pemanfaatan Cyber PR oleh para praktisi PR di Indonesia sudah cukup baik walaupun belum sepenuhnya optimal. Saat ini, PR telah banyak memanfaatkan media sosial sebagai media komunikasi dengan publiknya, pemanfaatan website pun kini sudah cukup komunikatif sehingga mampu menyampaikan pesan-pesan dari korporasi, organisasi, maupun instansi yang ada. Komunikasi yang terjalin di dunia maya pun kini sudah bersifat dua arah dan mampu membantu PR untuk menghimpun opini dan input-input dari masyarakat untuk pengembangan korporasi, organisasi, atau instansi terkait. Hal ini jelas merupakan langkah yang cukup baik di mana PR mampu bergerak sesuai perkembangan zaman.
            Tantangan yang akan didapat PR di era selanjutnya adalah bagaimana PR mampu mengembangkan apa yang saat ini telah mereka kerjakan dengan baik untuk kemudian mampu menjadi suatu media komunikasi yang efektif dan efisien dalam menjangkau publik-publiknya yang tersebar dan memiliki karakteristik serta segmentasi yang berbeda-beda. PR harus bisa semakin jeli mengenai kebutuhan masyarakat akan informasi yang diperlukan dari perusahaan. PR harus bisa menjadi centre of information yang terpercaya dan mampu menjawab kebutuhan tersebut, serta harus bisa memberikan solusi dan jawaban atas input yang diberikan oleh masyarakat bagi kepentingan pengembangan perusahaan ke depannya. Salah satu caranya adalah dengan pemanfaatan dan pengembangan teknologi komunikasi yang telah ada saat ini.
            Public Relations merupakan suatu profesi yang lekat berhubungan dengan arus informasi. PR harus bisa menemukan media yang mampu membantu kinerja PR dalam menyebarkan informasi yang berragam dari korporasi, organisasi, atau instansi tempat PR bernaung untuk kemudian disampaikan kepada publiknya yang tersebar, berragam, dan tersegmentasi. PR modern harus memiliki kepekaan dan kejelian melihat perkembangan teknologi komunikasi yang kini tengah menanjak. Perkembangan teknologi tersebut harus dimanfaatkan secara bijak dan optimal, salah satunya adalah dengan Cyber PR. Cyber PR dapat menjadi media komunikasi yang efektif dan efisien dalam menyampaikan pesan-pesan dari seorang PR kepada publiknya, oleh karenanya PR harus bisa mengembangkan teknologi komunikasi yang sudah ada. PR ke depannya akan menemui tantangan untuk terus mengembangkan pemanfaatan teknologi komunikasi yang kini telah ada. Kebutuhan masyarakat akan informasi ke depannya tentu akan semakin meningkat, di situlah PR ditantang untuk mampu menjawab kebutuhan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar